Setting Komputer untuk Persiapan Belajar PHP

belajar-php

belajar-phpHal yang paling pertama kamu lakukan agar bisa belajar PHP adalah menyiapkan laptop atau komputermu agar bisa menjadi web server. Selain itu, kamu juga perlu menginstall beberapa software untuk mempermudah dalam belajar PHP.Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyiapkan komputermu untuk Belajar PHP adalah

  1. Menginstall WAMP (khusus untuk komputer Windows). Atau XAMPP untuk komputer Windows atau MAC. Dengan menginstall salah satu dari program tersebut, maka komputermu telah menjadi Web Server dan kamu bisa mulai belajar PHP.
    Saya akan menggunakan WAMP karena saya telah terbiasa menggunakannya. Kamu juga bisa membaca cara menggunakan WAMP di sini.
  2. Selanjutnya kamu perlu menggunakan text editor. Text editor bawaan Windows adalah Notepad. Kamu bisa menggunakannya untuk belajar PHP. Tapi, kebanyakan developer menggunakan text editor yang dilengkapi fitur highlight syntax dan autocomplete untuk syntax program. Kamu bisa menggunakan Notepad++, Sublime Text, atau Brackets
  3. Saya akan menggunakan Bracket sebagai text editor untuk belajar PHP. Karena saya pake Brackets, maka saya akan menginstall plugin Emmet. Caranya cukup mengklik icon plugin pada sidebar sebelah kanan seperti pada gambar dibawah ini.
    Plugin Brackets
    Plugin Brackets

    Selanjutnya ketik Emmet pada search box kemudian install. Oh iya, komputermu harus online dengan internet jika ingin menginstall plugin ini.

    Plugin Emmet
    Plugin Emmet

Menggunakan Emmet dalam Belajar PHP

Plugin Emmet akan memudahkan kamu dalam menulis kode HTML dan CSS. Untuk menggunakan Bracket dengan plugin Emmet, saya sangat menyarankan kamu untuk mencoba menggunakannya dengan melihat tutorialnya di:

Kamu tidak perlu menguasainya sekaligus, pelan-pelan saja. Satu persatu di coba, nanti kamu akan terbiasa πŸ™‚

Jika sudah selesai, komputermu telah siap untuk digunakan untuk belajar PHP. Semangat πŸ™‚

2 thoughts on “Setting Komputer untuk Persiapan Belajar PHP”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.