Ini lho Manfaat Komentar Spam untuk SEO Website

Siapa bilang Komentar Spam tidak ada gunanya. Ini lho manfaat Komentar Spam untuk SEO website wordpress

spam-komentar

Blog ini dibuat di wordpress.com sehingga saya tidak bisa menginstall plugin SEO seperti Yoast atau bahkan Google Analytic. Sehingga saya perlu memutar otak untuk melihat SEO di blog saya ini. Tapi berdasarkan pengalaman saya, untuk mengecek posisi Google Search Engine Result Page atau biasa disebut Google SERP, trik ini sangat akurat dibanding install berbagai macam plugin SEO.

Kalo kamu menggunakan WordPress sebagai CMS website milikmu, maka pasti kamu tidak asing dengan bagian Comments atau Komentar di dashboard. Bagian Komentar adalah alat untuk manajemen komentar di worpress milikmu. Biasanya terdiri dari All, Mine, Pending, Approved, Spam, dan Trash. Nah, saya akan bahas pada bagian Spam sebagai alat SEO.

Bagaimana Komentar Spam dibuat?

Perlu diketahui, bahwa spam itu dihasilkan dengan BOT atau program otomatis yang akan mencari kolom komentar di setiap web yang dikunjungi kemudian memasukkan link web spam ke dalam kolom komentar. Web yang dipilih tentu saja web berdasarkan hasil google search engine. Semakin tinggi posisi google search engine webmu, maka akan semakin banyak spam yang masuk.

Jadi rubah mindset pikiranmu, komentar spam itu sebenarnya bermanfaat kok πŸ€ͺ

Cara Menggunakan Komentar Spam untuk SEO

Ini adalah screenshot komentar spam yang ada di web iniKomentar-spam

Dari bagian komentar spam ini, saya bisa tau bahwa artikel saya yang paling banyak kena spam adalah Cara Install WordPress di Server VPS. Semakin banyak komentar spam yang masuk di artikel itu berarti posisinya Google SERP semakin tinggi.

Keyword yang saya bidik saat membuat artikel itu adalah Cara Install WordPress dan Install WordPress VPS. Oke, sekarang kita cek langsung di google.

Buka google chrome dan masuk dalam mode incognito, buka google.com kemudian masukkan keyword Install WordPress VPS atau keyword lain sesuai dengan kondisimu. Ternyata hasilnya seperti dibawah cek-posisi-google-serp
keyword install wordpress VPS posisinya ada nomor 12 atau 13 dari total 5.620.ooo google SERP. Kalo keyword diganti menjadi install wordpress server vps maka posisi artikel saya berada di page one dari total 2.860.000 google SERP. Mantap! πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

Posisi di atas adalah posisi di google.com. Jika menggunakan google.co.id bisa saja berubah.

Sekarang coba kamu analisa artikel di blogmu yang paling banyak komentar spam, keyword apa itu? Selamat mencoba πŸ‘


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.