Mengubah Domain WordPress.com Menjadi Subdomain Milik Sendiri

domain
domain
Mengubah domain wordpress

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara mengubah domain wordpress gratisan. Kenapa harus menggunakan subdomain jika domain utama sudah cukup menjawab masalah? Ya, cara ini berlaku untuk orang yang memiliki beberapa blog/web tapi ingin melakukan penghematan. Jika setiap blog memiliki domain tersendiri, maka jika punya 3 blog, kamu harus membeli 3 domain untuk setiap blog milikmu. Untuk melakukan penghematan, kamu cukup membeli 1 domain utama. Kemudian semua blogmu menggunakan subdomain dari domain utama. Bingung?

Contohnya begini :

Saya memiliki 3 blog. Saya membeli domain http://imran.id sebagai domain utama saya. Untuk penghematan, maka saya cukup menggunakan subdomain untuk seluruh blog yang saya miliki. Sehingga 3 blog saya itu akan memiliki alamat

  • blog.imran.id
  • blog2.imran.id
  • blog3.imran.id
  • dst.

Nah, bagaimana caranya?

Mengubah Domain WordPress.com Menjadi Subdomain

Sebagai contoh, blog ini domain awalnya adalah https://mudahbikin.wordpress.com. Kemudian saya membeli domain utama yaitu http://imran.id.  Selanjutnya, saya ingin agar blog ini sebagai subdomain dari domain utama. Sehingga alamatnya adalah http://blog.imran.id. Caranya sebagai berikut.

  1. Tentu saja, kamu harus membeli domain utama dulu. Kamu bisa membelinya di IDWebHost atau di Jagoan Hosting. Pada contoh ini saya membeli domain utama http://imran.id di Idwebhost.
  2. Saya ingin agar alamat blog saya dari https://mudahbikin.wordpress.com berubah menjadi subdomain yaitu http://blog.imran.id
  3. Selanjutnya kamu harus mapping domain di wordpress. Masuk ke Dashboard > Store > My domains atau klik link berikut ini https://wordpress.com/domains.
    wordpress-dashboard-store
    WordPress Dashboard Store

    Kemudian klik Map a Domain Name you Already Own

    my-domains
    My Domain pada wordpress.com
  4. Pilih add domain. Masukkan subdomain bukan domain utama. Karena saya ingin blog saya beralamat di subdomain, bukan di domain utama.
    mapping-subdomain
    Mapping ke Subdomain

    Jika kamu punya 3 blog di wordpress.com maka kamu harus melakukan hal ini (mapping) untuk semua blogmu. Tentu saja kena biaya $ 13 untuk setiap blog.

  5. Selanjutnya kamu harus melakukan pembayaran untuk mapping domain. Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit atau paypal.
  6. Jika pembayaran berhasil, maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini.

    pembelian-mapping-domain-selesai
    Pembelian mapping domain WordPress berhasil
  7. Jangan lupa, pastikan subdomain yang telah kamu mapping adalah primary domain blog.
    primary-domain
    Setting primary domain

    Klik Make Primary. Kemudian akan muncul konfirmasi untuk menjadikan primary domain.

    confirm-primary-domain
    Konfirmasi Primary Domain

    Dengan mengklik tombol “Update Pimary Domain” maka alamat blog saya berubah menjadi http://blog.imran.id

    hasil-primary-domain
    Subdomain telah menjadi primary domain
  8. Sekarang buka browser dan ketikkan alamat blog baru yaitu http://blog.imran.id hasilnya adalah
    server-not-found
    Server blog.imran.id tidak ditemukan

    Server not Found! Ini terjadi karena kita belum mengarahkan nameserver domain ke wordpress.

  9. Sekarang masuk ke member area Idwebhost. Pada Menu Domain, pilih Kelola Domain

    kelola-domain-idwebhost
    Mengelola domain pada Idwebhost
  10. Pada Menu Nameserver masukkan nameserver wordpress seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian klik ubah Nameserver.

    nameserver-idwebhost
    Mengubah Nameserver pada Idwebhost
  11. Langkah di atas cukup jika kamu ingin mengarahkan blog ke domain utama yaitu http://imran.id. Tapi karena saya ingin mengarahkan blog pada subdomain blog.imran.id maka langkah tambahan adalah menambahkan record CNAME
  12. Masih pada halaman kelola domain, pilih menu Alat Pengelolaan > Kelola DNS
    kelola-dns
    Mengelola DNS pada Idwebhost

     

  13. Pada kolom host : masukkan subdomain saja tanpa domain utama. Karena saya ingin alamat blog menjadi blog.imran.id maka saya masukkan kata “blog” pada kolo, host.
    Pada kolom Jenis Record : pilih CNAME
    Pada kolom Alamat : masukkan alamat blog yang ingin d rubah. Dalam hal ini mudahbikin.wordpress.com. Masukkan tanpa awalan http://  atau http://www

    cname-record
    CNAME record untuk subdomain

    Klik simpan perubahan untuk mengaktifkan CNAME records. Selanjutnya harap sabar menunggu kurang lebih 1×24 jam untuk mengaktifkan perubahan domain. Dalam kasus saya cukup cepat. Tidak sampai 30 menit, subdomain saya sudah aktif.

  14. Jika kamu membeli domain selain di Idwebhost atau jagoanhosting, kamu harus menanyakan ke merea, bagaiman menambahkan record CNAME.

Nah, Selamat mencoba 😉

Protected by Copyscape

25 thoughts on “Mengubah Domain WordPress.com Menjadi Subdomain Milik Sendiri”

    1. Dengan cara ini kita sudah tidak perlu lagi beli hosting, mbak… Kefika kita merubah domain wp gratisan kita menjadi sub domain dari domain kita, WP mengharuskan kita membayar $ 13 .. anggap saja ini bayar hosting. hehehe 🙂

      Like

    1. Tidak bisa karena masih pake domain bawaan wordpress. Harus pake domain sendiri. Selain itu perlu traffic pengunjung ke blog yg cukup tinggi. Saya tidak tau sampe berapa banyak. WordPress juga tidak pernah secara jelas menyebutkan jumlah traffic minimal

      Liked by 1 person

      1. trafik pengunjung blog saya, dari tahun 2014 sudah sekitar 360ribuan. maksud saya, topik bahasan yg saya tekuni, saya kan hanya membuat fanfiction. apakah fanfiction ini termasuk informasi valid yang bisa dijadikan syarat supaya blog saya bisa daftar, kalo untuk hal merubah domain, nanti saya akan lakukan. begitu Mas.

        Like

    2. Belum bisa kayaknya mas. Sebab yg diterima bukanlah domain tingkat ke tiga .. jadi, harus dirubah dulu domainnya ke domain tingkat pertama dan atau domain tingkat ke dua.b

      Like

  1. saya nyasar ke blog ini karena nemuin kendala dan cs-nya idwebhost nggak solutif…
    saya baru aja bayar 13$ buat mapping domain, rencananya saya mau buatnya begini…

    -domain rizkidwika.com akan ngarahnya ke homepage WP saya, terus ada satu section blog.rizkidwika.com ngarahnya ke bekas blog saya di Blogger. Kira2 settingannya memungkinkan nggak ya? salam kenal btw :”)

    Like

      1. Halo salam kenal bang. Saya udah dapet emailnya, tapi saya bales di mari aja ya, hehe.
        Kemarin saya berhasil beli fitur mapping domain pake vcc BNI, kemudian saya setting settingan NS dan DNS saya di IDWebhost, terus sejam kemudian udah berhasil ngaktifin domain WP saya jadi rizkidwika.com…

        Cuma, saya sekarang masih kepikiran nih.. mungkin ga ya, saya nambah subdomain kayak blog.rizkidwika.com yang nanti kalo di-klik ngarahnya ke Blogger saya?
        Soalnya kalo Nameserver di IDWebhostnya kan udah diganti jadi ns1 sampe ns3.wordpress.com… sedangkan saya nggak pake jasa hosting apapun, cuma nebeng ke Google buat blogger dan WP ini.
        kira-kira solusinya apa ya? maaf panjang, awam soal coding soalnya :'”

        Like

      2. Ya bisa. Ini kan artikel tentang itu 🙂
        . Pada prinsipnya tinggal Atur di CNAME aja.
        Kalo langkah-langkahnya, maaf saya tidak tau karena tidak punya akun blogger

        Like

  2. lebih baik mana pak? , custom domian wordpress atau blogspot. kalau dari sisi tampilan saya lebiih suka wordpress, tp kl dari sisi biaya lebih murah blogspot. krna ga perlu ada biaya tambahan maping domian

    Like

  3. Mas, mau tanya. Misal saya dah punya domain sendiri nih. Di postingan sebelumnya kalo ga salah dibilang kita harus bayar $13 waktu mapping ke example.net (via WP). Trus pas mapping ke blog.example.net, itu harus bayar $13 lagi (jadi total $26/tahun) atau dari awal kita bisa langsung mapping ke blog.example.net?
    Makasih mas,,

    Like

  4. Luar biasa, ini yg selama ini saya cari.
    Jadi kalo WP Com ingin jadi Com, tetap harus beli hosting jika pakai pihak ke3. Tp yg saya blm paham adalah jika domain pihak3 ada jumlah kapasitas nya itu, berpengaruh ke batasan artikel / gambar / video dll yg kita posting gak sih pak..

    Terima kasih.
    Salam pemula.
    Duan Jiwo.

    Like

  5. Barusan saya salah hapus website wordpress saya. hiks
    Saya hapus website wordpress saya yang instalnya di domain utama.
    Apakah website itu bisa dikembalikan? atau dari website wordpress sub domain yg sudah ada, apakah bisa dipindah ke domain utama?

    Saya coba instal baru wordpressnya, dan saya coba instal di domain utama, katanya tidak bisa karna ada tumpang tindih dengan wordpress lain yang diinstal.
    Apakah artinya domain utama saya bermasalah? atau gara2 dihapus jadi tidak bisa dipakai lagi?

    Mohon bantuannya, bagaimana caranya agar saya bisa instal di domain utama saja, atau wordpress yg di sub domain bisa dipindahkan ke domain utama.

    Terima kasih.

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.