3 Plugin Video Gallery Terbaik untuk Wordpress

Video GalleryWordPress secara default bisa menampilkan link youtube tanpa perlu plugin apapun. Tapi untuk menampilkan Album/Gallery Video kamu perlu plugin. Tapi saya tidak menyangka ternyata plugin untuk video gallery sangatlah sedikit. Kamu punya banyak koleksi video? kamu pasti memerlukan plugin ini.

Kalo blog-mu memiliki banyak video yan perlu ditampilkan, akan sangat tidak praktis kalo kamu menampilkan masing-masing link video. Secara layout, blog akan terasa sangat penuh. Lebih mudah jika menampilkan dalam bentuk satu playlist untuk topik tertentu yang memiliki tombol navigasi untuk berpindah dari satu video ke video lainnya. Saya telah mencoba beberapa plugin yang sesuai untuk menampilkan album video dan inilah 3 yang terbaik menurut saya.

Oh iya, istilah album video sering kali artinya sama dengan Galleri Video atau playlist.

Vimeography

Saya benar-benar terkesan dengan Vimeography. Plugin ini benar-benar sangat mudah. Dengan tiga langkah kamu bisa menampilkan video gallery di wordpress. Pertama, kamu buat account di Vimeo.com. Kedua, bikin album video di vimeo.com. Ketiga, masukkan link album videomu ke Vimeograph di wordpress. Selesai. Hanya dengan tiga langkah, album video-mu sudah tampil di blog lengkap dengan tombol navigasi standar (next dan previous).

Cara Setting

Setting vimeography sangat mudah. Seperti gambar di bawah. Kamu buat dulu album video di Vimeo.com dan masukkan link album itu ke WordPress.

Cara Setting Vimeography
Cara Setting Vimeography

Untuk memasukkan video gallery ke dalam artikel, cukup gunakan shortcode. Hasilnya seperti gambar dibawah.

tampilan-vimeography
Tampilan Vimeography

Kelebihan

  • Yang paling terasa oleh saya adalah sangat mudah dalam settingan.
  • Layout video album yang sangat rapi dan bersih.

Kekurangan

  • Hanya bisa menampilkan video pada vimeo.com
  • Hanya bisa menampilkan maksimal 60 video dalam sebuah album/gallery. Unlimited video tersedia dalam versi Pro.
  • Theme yang tersedia dalam versi standar. Kamu harus membeli theme jika ingin tampilan yang berbeda dari versi standar.

Kesimpulan

Vimeography sangat mudah. Jatah 60 video dalam sebuah gallery juga cukup banyak kecuali blogmu fokusnya adalah menampilkan kumpulan video. Kekurangan yang sangat terasa adalah hanya bisa menampilkan video dari vimeo.com padahal portal video yang terbesar saat ini adalah youtube. Jadi dalam skala 5, saya memberi nilai 3 untuk vimeography 🙂

Huzzaz Video Gallery

Huzzaz rasanya agak sulit di ucapkan untuk lidah indonesia seperti saya tapi ternyata kemudahannya sangat berbeda dengan pelafalannya 🙂 . Cukup instal plugin-nya di blog wordpress dan kamu tidak perlu setting apa pun di blogmu. Semua settingan berasal dari http://huzzaz.com dan kamu cukup copy paste shortcode dari  http://huzzaz.com  kedalam posting artikelmu. Sangat-sangat mudah.

Cara Setting

Membuat video album juga sangat mudah. Log in kedalam Huzzaz.com, bikin Albumnya, dan paste shortcode dari Huzzaz.com kedalam artikel di blog wordpress. 3 langkah juga ya, kayaknya 3 langkah lagi naik daun 😀 . Tutorial lengkap cara menggunakannya bisa dilihat disini.

setting-huzzaz-gallery
Cara Setting Huzzaz Video Gallery

Tampilan Huzzaz Video Gallery setelah dipasang dalam artikel blog

tampilan-huzzaz-video-gallery
Tampilan Huzzaz Video Gallery

Kelebihan

  • Mudah. Saya rasa sama mudahnya dengan Vimeography.
  • Layout yang sederhana dan rapi. Tombol navigasi juga terlihat dengan jelas.
  • Dapat menampilkan jumlah video yang tidak terbatas.

Kekurangan

  • Hanya mendukung Vimeo dan Youtube.
  • Theme yang tersedia adalah standar. Kamu harus membeli versi Pro jika ingin theme yang lain.

Kesimpulan

Huzzaz video sama mudahnya dengan Vimeography. Bahkan Huzzaz memiliki kelebihan yang sangat signifikan yaitu mendukung Youtube dan Vimeo. Walaupun tidak semua portal video, tapi saya merasa itu jauh lebih baik daripada Vimeography.  Jadi dalam skala 5, saya memberi nilai 4 untuk Huzzaz Video Gallery 🙂

Promo Huzzaz Video Gallery

Kabar gembira, kamu bisa mendapatkan Huzzaz Video Gallery versi Pro dengan cara mengajak 5 orang temanmu untuk bergabung di Huzzaz.com

HDW Video Gallery

Mungkin ini adalah plugin yang memiliki dukungan paling lengkap untuk video hosting dan CMS selain wordpress. HDW Video Gallery mendukung Youtube, Vimeo, Dailymotion. Selain itu juga mendukung protocol Live streaming, Pseudo streaming, dan Content Delivery Network. Masih kurang? HDW Video Gallery juga tersedia untuk Joomla, Drupal, dan Opencart. Hmm, cukup lengkap juga ya.

Cara Setting

Lagi-lagi setting HDW Video Gallery dengan 3 langkah (mungkin 3 langkah itu adalah langkah hoki 😀 ) . Pertama, membuat playlist. Kedua, menambahkan video ke playlist. Ketiga, Menambahkan playlist ke player. Selain itu kamu juga bisa membuat Gallery video yang kemudian ditambahkan pada player.

setting-hdw-video-gallery
Cara Setting HDW Video Gallery
tampilan-hdw-video-gallery
Tampilan HDW Video Gallery

Kelebihan

  • Mendukung video hosting Youtube, Vimeo, dan Dailymotion.
  • Dapat menampilkan jumlah video yang tidak terbatas.

Kekurangan

  • Tidak ada pilihan layout yang lain.
  • Kurang update. Secara official disebutkan bisa digunakan pada wordpress 3.6.  Dan setelah saya coba di WordPress 3.8 ternyata video dailymotion tidak berhasil diputar.

Kesimpulan

HDW Video Gallery menawarkan dukungan pada video hosting yang lebih banyak. Tapi sayangnya update yang kurang sehingga plugin ini terasa usang. Jadi dalam skala 5, saya memberi nilai 3.5 untuk HDW Video Gallery 🙂

Protected by Copyscape

3 thoughts on “3 Plugin Video Gallery Terbaik untuk Wordpress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s