Tolong! Blog Wordpress.com Ga Bisa Diakses

syarat-dan-ketentuan-wordpress-com

syarat-dan-ketentuan-wordpress-comTidak lama setelah saya memposting artikel yang berjudul Cara Menginstall WordPress dan Memindahkan ke Server Online, saya merasa ada yang aneh dengan blog saya. Entah kenapa, blog saya tidak bisa di akses. Tapi masuk ke wordpress.com bisa. Memang sebelumnya pernah tidak bisa di akses, tapi saya pikir mungkin masalah jaringan internet. Terus ada apa dengan blog saya?

Setelah kejadian tidak bisa akses blog, saya coba mengganti dengan modem telkomsel flash. Ternyata, blog saya bisa di akses. Berarti mungkin masalah jaringan internet. Saya kemudian bergegas untuk boarding ke pesawat. Maklum, saat itu saya lagi di ruang tunggu menunggu panggilan boarding pesawat. Tak lama, setelah mendarat saya coba mengakses kembali blog saya, dan blog saya kembali tidak bisa di akses!!

Otak saya mengatakan Pasti ada yang tidak beres. Kalo kejadiannya di blog yang hosting sendiri, mungkin masalah bandwith, plugin, dll. Tapi ini di blog gratisan dimana saya tidak bisa install apapun selain yang telah disediakan WordPress.com. Apalagi umur blog yang baru seumur jagung, rasanya tidak mungkin blog saya kelebihan pengunjung. Karena merasa tidak menemukan jawaban, tangan saya bergerak mengetik “kenapa blog wordpress ga bisa di akses” pada halaman pencarian google.
Ternyata, muncul juga jawabannya. Blog saya ternyata melanggar Syarat dan Ketentutuan yang berlaku di wordpress.com. Ketentuan apa yang saya langgar? Yuk kita lihat dulu apa saja blog yang diijinkan oleh wordpress.com

Tipe Blog Yang Dilarang oleh WordPress.com

Pada intinya WordPress.com mengijinkan hampir 90% tipe blog yang ada. Hanya sebagian kecil yang dilarang. Tipe blog apa sih yang dilarang ? Tipe blog yang dilarang oleh WordPress.com adalah

  • Blog yang hanya berisi konten dari blog lain dan menerbitkannya kembali tanpa ijin (Scraper blog).
  • Blog yang digunakan untuk kontes SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya mengakali search engine seperti Google, Bing, dll.
  • Blog yang berisi materi yang tujuan utamanya untuk meningkatkan traffic ke link marketing affiliasi. Termasuk MLM, skema piramida, dan blog yang berisi cara cepat kaya dari internet, facebook, dan sejenisnya. Tapi kalo kamu mempromosikan produk sendiri seperti buku karanganmu di amazon atau kamu memasang link affiliasi untuk produk yang kamu gunakan. Itu masih diperbolehkan. Kata kuncinya disini adalah ” materi yang tujuan utamanya untuk meningkatkan traffic ke link marketing affiliasi”.
  • Blog yang isinya mempromosikan penggunaan software bajakan, ebook bajakan, music, film, dll.
  • Blog yang isinya adalah dihasilkan secara otomatis dari program komputer.

Syarat dan Ketentuan Worpdress.com

Sepertinya dari tipe blog,  materi blog saya aman-aman saja. Akhirnya saya coba melihat syarat dan ketentuan wordpress.com pada poin nomor 2 tentang tanggung jawab penulis blog. Sebagai penulis blog di wordpress.com, kamu menjamin bahwa blogmu berisi

  • Tidak berisi Link download, yang melanggar hak kekayaan intelektual, patent, copyright, merk dagang, atau hak lain yang bukan hak anda.
  • publikasi yang tidak melanggar hak kekayaan intelektual dari kantor tempat kamu bekerja.
  • tidak melanggar semua lisensi pihak ketiga yang berhubungan dengan isi blogmu.
  • Materi blog  tidak berisi virus, malware, trojan.
  • Materi blog bukan berisi spam.
  • Materi blog tidak berisi pornografi, ancaman, dan kekerasan.

Naah, sepertinya saya melanggar ketentuan tentang link download. Memang saya akui, pada artikel saya yang berjudul Cara Menggunakan FileZilla dan Cara Menggunakan WAMP Server saya menyisipkan link download ke 4shared.com walaupun program yang saya sharing itu adalah program yang gratis. Tapi sepertinya WordPress.com tidak mengijinkan saya untuk menyebarkan link download selain dari tempat yang resmi. Segera setelah saya menyadari kesalahan itu, saya langsung menghapus link download yang tidak resmi.

Blog WordPress.com Tidak Boleh Beriklan

Pencarian masalah saya ini ternyata menemukan informasi baru bahwa blog di wordpress.com tidak di ijinkan untuk memasang iklan/banner dari pihak ketiga seperti Google Adsense, Openx, Lijit, BuySellAds, dan advertising network lainnya.  Trus apa solusinya? Kan ga mungkin juga penulis blog membuat artikel yang bagus tapi ga boleh ada yang iklan. Nah, solusinya adalah

  • Menggunakan program iklan bawaan wordpress.com yang bernama WordAds. WordAds itu mirip dengan Google Adsense tapi beda pemilik aja.
  • Menginstall wordpress di server sendiri, bukan di wordpress.com
  • Membayar program wordpress VIP atau paket enterprise.

Solusi Kalau Blog Sudah Terlanjur Diblokir

Alhamdulillah kasus saya tidak sampe di blokir hanya ga bisa diakses sementara waktu. Cukup dengan memperbaiki artikel yang bermasalah dan masalah anda selesai. Tapi bagaimana kalo kamu mendapatkan masalah yang lebih berat. Misalnya blog kamu di suspend permanen tapi belum sampe menghapus accountmu di wordpress.com? Mungkin saatnya kamu minta pertolongan yang kuasa 😀 . Maksudnya hubungi support WordPress.com di sini. dan minta bantuan. Jangan lupa berdoa juga ke Yang Maha Kuasa agar diberika jalan dan kemudahan ceilaaaa.

Trus bagaimana kalo account anda di wordpress.com sudah di hapus? Introspeksilah karena saat ini tidak ada yang bisa anda lakukan sama sekali kecuali membuat account baru 😦 .

Moral Of Story

Semua kejadian ada hikmahnya, manusia bukan makhluk yang tidak pernah salah, bukan juga makhluk yang tidak pernah lupa. Kejadian ini hendaknya membuat mawas diri, bertindak cermat penuh tanggung jawab tinggi. Ayo buat artikel di blog yang tidak menyinggung orang lain, hak orang lain, dan agama lain.

Salam damai 🙂

Referensi

  1. http://en.wordpress.com/types-of-blogs/
  2. http://en.support.wordpress.com/advertising/
  3. http://en.wordpress.com/tos/
  4. http://id.forums.wordpress.com/topic/solusi-blog-yang-kena-suspend?replies=140

Protected by Copyscape

One thought on “Tolong! Blog Wordpress.com Ga Bisa Diakses”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.