Cara Mengatasi Error yang Biasa Terjadi Pada WordPress

Punya wordpress yang di hosting sendiri? Bongkar pasang plugin, bongkar pasang theme, coba ini itu, dll. Pasti kamu akan menemukan error. Pesan Error tersebut kadang terasa menakutkan untuk orang yang baru belajar nge-blog dengan wordpress. Padahal pesan error itu adalah hal yang sangat membantu untuk mengatasi masalah error yang terjadi. Ada pepatah mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang. Yuk, kita kenalan dengan daftar error yang biasa terjadi pada wordpress dan bagaimana mengatasinya 😉

Penting Dilakukan Sebelum Error Terjadi

Ada pepatah mengatakan, mencegah lebih baik dari mengobati. Begitu juga dalam dunia wordpress. Biasakan untuk selalu melakukan backup jika akan memasang plugin baru, update plugin, pasang theme, update wordpress, dll. Rutin melakukan backup akan sangat menghemat waktu daripada memperbaiki error yang terjadi.

Daftar Error yang Biasa Terjadi

Berikut ini daftar error yang biasa terjadi

  1. Error White Screen of Death
  2. Internal Server Error
  3. Error Establishing Database Connection
  4. Gagal Auto Update pada WordPress
  5. Koneksi Time Out
  6. Maintenance Mode Saat Update
  7. Sudah melakukan perubahan tapi tidak tampil di blog
  8. Permalink yang tidak berfungsi

Error White Screen of Death

Ciri : Error  yang berupa layar putih pada browser tanpa ada informasi apapun.

Penyebab :

  • Konflik antar plugin wordpress.
  • Masalah pada Theme yang di gunakan.
  • Gagal auto update. Lihat di dibagian bawah untuk penjelasanan kegagalan auto update.

Solusinya :

  • Jika penyebabnya adalah konflik antar plugin maka non aktifkan semua plugin dan aktifkan plugin satu per satu sambil di cek plugin mana yang menyebabkan masalah. Jika kamu tidak bisa masuk ke halaman admin karena white screen, maka cobalah masuk dengan FTP seperti FileZilla. Kemudian rename folder plugins pada  wp-content/plugins menjadi plugins_old. Ini akan otomatis menonaktifkan semua plugin.
  • Jika penyebabnya adalah theme, maka masuklah ke dashboard dan non aktifkan theme itu. Sebagai gantinya aktifkan theme default dari wordpress yaitu WordPress Twenty Fourteen Theme.

Internal Server Error

Ciri : Muncul pesan Internal Server Error seperti gambar dibawah

Internal Server Error
Internal Server Error

Penyebab :

  • File .htaccess yang corrupt. Solusinya adalah log in ke web melalui FTP. Kemudian rubah nama  file .htaccess menjadi .htaccess_old. Kemudian reload kembali halaman web, jika berhasil maka masuklah ke dashboard dan reset Permalink. Hal itu akan membuat wordpress akan membuat kembali file .htaccess
  • Jika internal server error muncul setelah kamu menginstall plugin, maka non aktifkan semua plugin. Jika kamu tidak bisa masuk ke ke dashboard admin, maka cobalah ubahlah nama folder wp-content/plugins menjadi plugins_old. Ini akan otomatis menonaktifkan semua plugin. Selanjutnya kamu tinggal masuk seperti biasa ke dashboard admin.
  • Kadang kala perubahan Theme bisa mengakibatkan Internal Server Error. Untuk memastikan, coba kembalikan ke theme default wordpress yaitu Twenty Fourteen
  • PHP memory limit. Untuk meningkatkan memory limit bisa dilakukan melalui wp-config.php. Tapi jika hal itu tidak di perbolehkan oleh pihak hosting, maka hubungi pihak hosting untuk meningkatkan memory limit PHP.
  • Jika semua hal di atas sudah dilakukan tapi Internal Server Error, mungkin kamu bisa mengupload kembali folder wp-admin dan wp-includes dari fresh install wordpress.

Error Establishing Database Connection

Ciri : Muncul pesan seperti gambar dibawah

error database connection
error database connection

Penyebab :

  • Kesalahan pada wp-config file
  • Database web telah mencapai kuota
  • Blog-mu telah di hacked

Solusi :

  1. Pertama kamu harus memastikan file wp-config telah terisi dengan benar. Masuklah melalui FTP dan edit file wp-config.php. Pastikan wp-config.php berisi seperti gambar di bawah ini

    Setting file wp-config.php
    Setting file wp-config.php
  2. Pastikan dengan pihak server, DB_HOST harus di isi apa? karena beberapa server hosting menggunakan DB_HOST yang berbeda a.l
    • 1and1 Hosting menggunakan host ‘db12345678’
    • DreamHost menggunakan host ‘mysql.example.com’
    • GoDaddy menggunakan host ‘h41mysql52.secureserver.net’
    • ICDsoft menggunakan host ‘localhost:/tmp/mysql5.sock’
    • Media Temple menggunakan host ‘internal-db.s44441.gridserver.com’
    • Pair Networks menggunakan host ‘internal-db.s44441.gridserver.com’
  3. Atau kamu bisa menambahkan satu baris kode di file wp-config.php untuk mengetahui DB_HOST untuk servermu. Kodenya adalah
    define('DB_HOST', $_ENV{DATABASE_SERVER});
  4. Ada juga cara sederhana untuk mengetahu DB_HOST pada servermu yaitu melalu PHPMyAdmin kalo servermu menggunakannya. Pada bagian atas PHPMyAdmin terdapat keterangan DB_HOST yang kamu gunakan. Lihat gambar

    DB_HOST pada PHPMyAdmin
    DB_HOST pada PHPMyAdmin
  5. Jika cara di atas tetap masih belum bisa, ada kemungkinan kesalahan terletak di hosting web. Coba di tanyakan ke pihak hosting, apakah database blog telah melebihi kuota atau server hosting lagi down.
  6. Jika semua cara di atas tetap tidak bisa, maka besar kemungkinan blog-mu telah di hacked. Tapi jangan terburu-buru berpikir bahwa blogmu telah di hacked, apalagi blogmu baru online kurang dari seminggu. Kamu perlu curiga kalo blogmu di hacked kalo blog yang semula baik-baik saja tapi secara tiba-tiba mendapat error establishing database connection.

Gagal Auto Update Pada WordPress

WordPress telah di program untuk melakukan update secara otomatis. Tapi bisa saja auto update itu gagal dengan ciri-ciri sebagai berikut

  • Layar putih yang kosong tanpa informasi apapun.
  • Pesan peringatan bahwa auto update gagal
  • Pesan Error PHP

Penyebab kegagalan auto update biasanya disebabkan oleh kesalahan koneksi dengan WordPress file, masalah koneksi internet, atau File Permission yang tidak tepat.
Solusi untuk auto update sederhana kok, kamu tinggal update saja secara manual. Gimana caranya update wordpress manual? Langkahnya adalah

  1. Download versi terakhir wordpress. Biasanya dalam file zip.
  2. Ekstrak file zip di komputermu.
  3. Non aktifkan semua plugin pada blog wordpress.
  4. Hapus folder wp-includes dan wp-admin pada server hosting wordpress milikmu.
  5. Upload folder wp-include dan wp-admin di komputermu (pada langkah no 2) ke server hosting wordpress dengan menggunakan filezilla.
  6. Upload folder wp-content ke server hosting wordpress. JANGAN HAPUS FILE APAPUN. Langsung di timpa (overwriting) saja file lama dengan file baru wordpress dari komputermu (lihat langkah 2)
  7. Upload semua file (kecuali wp-config.php) diluar folder wp-admin, wp-content, dan wp-include ke direktori wordpress pada server hostingmu.
  8. Buka file wp-config.php di komputermu dan wp-config.php di server. Perhatikan jika ada setting yang berbeda. Jika berbeda, tambahkan. Jika tidak ada, maka abaikan saja dan gunakan file wp.config.php yang sudah ada di server.
  9. Jika sebelumnya kamu menggunakan fitur autoupdate dan gagal maka akan ada file .maintenance. Hapus file itu.
  10. Login kembali ke wordpress, dan aktifkan semua plugin seperti semual.

Koneksi Time Out

Pesan Connection Time Out
Pesan Connection Time Out

Penyebab : Error ini muncul jika blog wordpress milikmu melakukan sesuatu melebihi batasan dari pihak hosting. Sumbernya bisa plugin atau theme yang kamu gunakan. Biasanya terjadi pada shared hosting yang memory-nya dibatasi.

Solusinya :

  1. Non aktifkan semua plugin. Kemudian aktifkan satu persatu sambil dilihat plugin mana yg membuat error.
  2. Ganti ke theme Twenty Fourteen untuk mengecek apakah error ini disebabkan oleh Theme.
  3. Naikkan memory pada hostingmu. Hubungi pihak hosting. Biasanya pihak hosting akan meminta kamu untuk membeli paket yang lebih tinggi dari yang sekarang kamu gunakan.
  4. Menaikkan waktu eksekusi (execution time) pada file php.ini. Biasanya kamu tidak bisa mengubahnya sendiri harus minta bantuan pihak hosting untuk melakukannya.

Maintenance Mode Saat Update

Pesan Maintenance Mode
Pesan Maintenance Mode

Saya biasanya mengalami hal ini saat melakukan update plugin Jet Pack. Tapi biasanya dalam beberapa menit akan normal kembali seperti semula. Yuk kita lihat apa saja penyebabnya

Penyebabnya : Saat wordpress melakukan update maka secara otomatis wordpress akan menginstall file .maintenance

Solusi : Sebenarnya setelah proses update selesai, maka file .maintenace akan di hapus secara otomatis. Tapi bisa saja file itu gagal di hapus. Untuk menghapusnya kamu masuk ke folder root wordpress dengan FTP kemudian hapus file .maintenance

Sudah Melakukan Perubahan Tapi Tidak Tampil di Blog

Mungkin kamu melakukan perubahan dalam theme wordpress tapi setelah di refresh ternyata perubahan itu tidak muncul. Peyebabnya biasanya browser yang kamu gunakan masih menyiman cache dari theme yang sebelumnya. Untuk itu bersihkan dulu cache dan reload kembali. Cara untuk membersihkan cache berbeda-beda tergantung masing-masing browser.

  1. Pada browser firefox, untuk membersihkan cache dilakukan melalui History > Clear Recent History. Pilih clear Everything

    Cara Membersihkan History Browser Firefox
    Cara Membersihkan History Browser Firefox
  2. Pada Google Chrome, untuk membersihkan cache dilakukan melalui menu History > Clear browsing data.

    Membersihkan History Browser Google Chrome
    Membersihkan History Browser Google Chrome

Permalink yang Tidak Berfungsi

Jika kamu telah melakukan setting permalink di dashboard wordpress, tapi saat meng-klik link ternyata malah mendapatkan error 404. Error 404 artinya web page tidak dapat ditemukan.

Penyebab : modul mod_rewrite pada server apache belum di aktifkan

Solusi :

  • Mintalah pada pihak hosting untuk mengaktifkan modul mod_rewrite pada apache
  • Jika modul rewrite sudah aktif, maka masukkan kode berikut in ke file .htaccess
    # BEGIN WordPress
    
    RewriteEngine On
    RewriteBase /
    RewriteRule ^index\.php$ - [L]
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule . /index.php [L]
    
    # END WordPress
    
    
  • Atau bisa juga dengan mereset kembali permalink melalui Setting > Permalinks.

Semoga bermanfaat 🙂

Protected by Copyscape

64 thoughts on “Cara Mengatasi Error yang Biasa Terjadi Pada WordPress

  1. Ane baru mao belajar WP. Biasanya pake blogspot. Rumit jg y?
    Belajarnya pelan pelan ajj deh.
    Kl beli hosting beda tempat sm beli domain, bagus g???
    Mint rekomd tempat jual hosting yg layannny bagus tp bs bayar pk rupiah?

    Like

    1. ga rumit kok gan, Belajar aja pelan2
      Untuk hosting, ga harus satu tempat kok. Domain saya beli di godaddy trus hosting beli di hosting indo
      Saya rekomen pake jagoanhosting. Saya pake itu dan benar2 puas

      Like

  2. Gan kalo error nya kayak gini, gimana ya cara mengatasinya, makasih sebelumnya, maaf newbie WP 😦

    Fatal error: Call to undefined function is_blog_installed() in /home/u388221213/public_html/wp-includes/load.php on line 474

    Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function ‘wp_ob_end_flush_all’ not found or invalid function name in /home/u388221213/public_html/wp-includes/plugin.php on line 496

    Like

    1. setelah saya hapus file load.php nya malah ada error lagi….

      Fatal error: require() [function.require]: Failed opening required ‘/home/u388221213/public_html/wp-includes/load.php’ (include_path=’.:/opt/php-5.3/pear’) in /home/u388221213/public_html/wp-settings.php on line 21

      Like

      1. walah, jangan sembarangan menghapus file di folder wp-includes. Semua file dalam folder itu sebaiknya jangan pernah di edit atau pun di hapus, karena itu file core (inti) wordpress. Sebaiknya wordpressnya di reinstall. Bisa secara manual. Reinstall wordpress itu hanya mengembalikan file core wordpress. Semua posting dan gambar yg sudah di upload, akan tidak terpengaruh

        Like

  3. ya, terima kasih telah berbagi yang berguna, ini sangat bermanfaat, saya ingin tanya satu hal yang ini adalah hal paling fatal di blog wp saya setelah mengubah permalink, indek google tersisa hanya satu. pengunjung yang tersisa hanya 20% itu pun dari tag. apa kira-kira yang harus saya lakukan agar semua url dan titel terindek kembali di google. terima kasih..

    Like

    1. Itu artinya google mengalami error saat index webmu. Pake google webmaster. Kalo belum daftar, daftar aja. gratis kok. Nanti di situ ada bagian error saat google index webmu. Liat error 404, perbaiki satu per satu dari situ

      Liked by 1 person

  4. Fatal error: Class ‘WC_Shipping_Method’ not found in /home/www/iblcenter.org/wp-content/plugins/woocommerce-jne/shipping/init.jne-shipping.php on line 11

    Like

  5. mau tanya, saya baru install wordpress melalui softaculous. katanya sukses, tapi ketika saya ketikan urlnya, http://kimiadasar.com malah muncul
    Server not found

    Firefox can’t find the server at kimiadasar.com.

    Check the address for typing errors such as ww.example.com instead of www.example.com
    If you are unable to load any pages, check your computer's network connection.
    If your computer or network is protected by a firewall or proxy, make sure that Firefox is permitted to access the Web.
    

    kira-kira kenapa ya? terima kasih

    Like

  6. permisi… 🙂
    aqu numpang tanya
    aqu ada masal di Internal Server Error
    kan tutorial di atas kalo berhasil non aktifin file htaccess-nya bisa langsung masuk ke login.
    tapi saya gak bisa masuk dashboard, mohon penjelasannya
    kalau bisa dikirim ke email saya. trimss

    Like

    1. htaccess seharusnya dibuat otomatis oleh wordpress. Jika sudah di rename tapi ga bisa masuk, bikin aja file text kosong di notepad kemudian rename menjadi .htaccess

      Like

  7. bagaimana mengatasi ini gan. Secure Connection Failed “An error occurred during a connection to karaokemakassar.com. Peer’s Certificate has been revoked. (Error code: sec_error_revoked_certificate)”

    Like

  8. mas, saya pengguna baru wp. ada saran dari wp bila saya harus mengupgdate wp saya ke WordPress 4.4.2 . tapi tiap kali ke saya mau update wordpree saya kenapa failed terus ya mas? mohon pencerahannya mas. Terima kasih sebelumnya. salam.

    Like

  9. maaf mau tanya gan, maklum masin newbi. pada wpadmin, screen option kok g bisa diklik ya ?? apa ada yg bsa membantu. terima kasih

    Like

    1. Itu masalahnya di browser kamu. Kamu pake browser apa? Coba matikan semua plugin yg terinstall di browser. Ato coba gunakan safe mode browser. Kalo kamu pakai Firefox, dari menu Help pilih restart with adds-on disabled

      Like

    1. wp-includes itu adalah file core wordpress. Seharusya file core wordpress jangan pernah di edit. Karena itu file core wordpress, ya harus di restore ke file asli. Cara gampang, upgrade aja ke wordpress versi terbaru. Biasanya semua file inti wordpress akan di restore

      Like

  10. Mas Imran, WordPress saya mendadak error, tidak bisa dibuka, begitu juga wp adminnya. Pesan Errornya:
    Fatal error: require(): Failed opening required ‘/home/lpppi/public_html/wp-includes/version.php’ (include_path=’.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php’) in /home/lpppi/public_html/wp-settings.php on line 30
    Kira2 penyebabnya apa ya mas? Lalu cara mengatasi supaya wordpress saya kembali normal bagaimana? Terima kasih.

    Like

  11. error yang saya alami ketika mau add new page, ngga bisa. tetapi jika edit page, tambah postingan normal
    kira kira di bagian mana ya yang mesti di perbaiki? terimakasih

    Like

  12. kenapa setiap saya mau update Plugin Jetpack selalu gagal?
    Keterangan yang muncul seperti ini:
    Pembaruan Gagal: Tidak dapat menyalin berkas. jetpack/sync/class.jetpack-sync-settings.php

    Mohon pencerahannya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s