Memilih Hosting Wordpress

hosting wordpress

Memilih hosting wordpress sangat subjektif tergantung keadaan masing-masing calon penyewa hosting. Saya tidak akan mereview penyedia jasa hosting yang ada tapi saya akan membantu anda bagaimana memilih  hosting yang paling tepat untuk anda. Jujur, saya bukanlah termasuk orang yang senang coba-coba hosting. Saya hanya memilih hosting dari daftar yang bisa saya percaya. Sampai saat ini saya hanya berlangganan di dua hosting dan saya puas. Tapi demi pembaca yang telah bertanya di blog ini tentang hosting, saya merasa perlu untuk memberikan tambahan informasi yg mungkin bermanfaat  sehingga pembaca blog ini bisa menentukan mana yang terbaik.

hosting wordpress
Hosting WordPress

Kebutuhan Server Hosting WordPress

Sebenarnya syarat hosting WordPress sederhana kok. Syaratnya adalah

  • PHP 5.2.4 atau versi di atasnya
  • MySQL 5.0 atau versi di atasnya
  • Menggunakan Apache atau Nginx sebagai web servernya. Kalo anda masih pemula, saya sarankan memilih yang apache karena mayoritas web server masih menggunakan apache sehingga mudah bagi anda untuk bertanya jika ada masalah.

Jadi semua hosting yang memenuhi syarat minimal di atas, bisa digunakan untuk menjalankan wordpress.

Shared, VPS, Dedicated Hosting. Apa bedanya?

Dalam memilih hosting, kamu pasti akan berhadapan dengan istilah-istilah baru. Saya akan jelaskan perbedaan masing-masing jenis hosting itu

Shared Hosting

Ini adalah satu buah server yang dipake secara bersama-sama oleh website lain yang di host pada server yang sama . Semua sumber daya server seperti CPU dan memory digunakan secara bersama-sama. Tidak ada alokasi khusus untuk user. Ini adalah jenis hosting yang paling banyak karena relatif lebih murah dan tidak perlu memikirkan maintenace server.

Kalo kamu pemula atau belum tau sebesar apa kebutuhanmu, saya sarankan ambil hosting jenis ini. Saya pun memiliki 2 web klien yang semuanya menggunakan shared hosting dan selama ini cukup puas dengan kualitas shared hosting.

VPS (Virtual Private Server) Hosting

Ini mirip dengan shared hosting karena sejatinya adalah satu server yang digunakan bersama-sama, tapi sudah ada alokasi sumber daya server yang lebih jelas untuk tiap user. Pada server tipe ini kamu perlu kemampuan teknis yang lebih karena kamu harus melakukan maintenance server, melakukan update, bahkan merestart server. Harganya? Lebih mahal dari shared hosting, tapi kinerjanya lebih bagus. Kinerja lebih bagus bisa berarti web kamu lebih cepat.

Jika webmu memiliki traffic yang tinggi dan memerlukan sumber daya yang lebih, maka kamu bisa memilih hosting jenis ini. Secara alami, jika blog-mu semakin besar, traffik semakin banyak, tetap di shared hosting akan menjadi lebih mahal daripada VPS.

Baca di sini, Cara Menyiapkan VPS Hosting untuk WordPress

Dedicated Hosting

Pada dedicated hosting kamu memiliki semua sumber daya yang ada di satu server fisik. Mulai dari CPU, memory, hardisk, jaringan, dll semuanya adalah milikmu. Kamu bisa menggunakannya untuk web hosting, server aplikasi, bahkan menjual space yang ada ke orang lain. Server tipe ini paling mahal tapi sekaligus paling mudah dikonfigurasi karena kamu mendapatkan semua akses untuk server ini.

Dedicated hosting biasanya digunakan perusahaan besar atau institusi yang memiliki data yang sangat besar dan perlu melakukan berbagai macam tugas, maka dedicated hosting adalah pilihan yang tepat.

Untuk lebih jelas, mungkin gambar dibawah ini bisa membantu kamu untuk membedakan share hosting, vps, dan dedicated hosting.

shared, vps, dedicated hosting
Perbedaan shared, vps, dan dedicated hosting.

Hosting dengan Server Indonesia atau Luar Negeri ?

Memilih lokasi server sebaiknya disesuaikan dengan target pembaca dari blogmu. Jika pengunjung blogmu adalah orang indonesia, maka sebaiknya pilih server yang ada di indonesia. Jika pengunjung blogmu adalah orang asing, maka pilihlah lokasi server yang paling dekat dengan negara pengunjung blog atau pilih server di US sekalian.

Lokasi server bukanlah satu-satunya cara untuk mempercepat proses loading web. Tapi lokasi server mempunyai pengaruh dalam mempercepat loading blog wordpress dan itu murah biayanya. Jadi pilihlah server yang terdekat dengan target pengunjung blog anda.

Unlimited dan Unmetered

Dalam mencari hosting, kamu pasti akan menemukan istilah unlimited atau unmetered. Pada prakteknya istilah tersebut sama walaupun secara bahasa artinya sangat jauh berbeda. Unlimited adalah tidak terbatas. Padahal sumber daya server itu ada batasannya sehingga tidak mungkin unlimited artinya tidak terbatas. Lalu apa artinya unlimited atau unmetered itu?

Unlimited atau unmetered itu artinya semua sumber daya server baik hardisk, memory, bandwith, dll mempunyai batasan tapi TIDAK DIJELASKAN BATASANNYA. Lalu batasannya dimana? Batasannya ada di peraturan hosting atau TOS (Term Of Service). Misalnya jumlah foldernya harus sekian, 1 file maksimal jumlahnya sekian, dll.

Masih bingung? Kita ambil contoh sebuah hosting memberikan penjelasan bahwa website space adalah unlimited. Dalam TOS ternyata disebutkan bahwa jumlah folder dibatasi 500 folder dan 1 file yang di upload maksimal 50 MB. Artinya selama masih dalam kriteria itu, kamu masih boleh untuk terus (UNLIMITED) mengupload data ke server. Nah, paham kan

Lalu apakah yang sebaiknya dipilih? Unlimited atau yang jelas disebutkan batasannya. Terserah ke anda. Saya pribadi lebih memilih yang jelas batasannya karena lebih mudah mengetahui saat kita over limit.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Hosting?

  • Costumer Service yang bisa dihubungi baik melalui chatting, email, atau telpon. Selain itu customer juga harus merespon dengan cepat semua keluhan kita.
  • Uptime 99%. Apa itu uptime? Uptime artinya hosting tersebut dapat di akses terus menerus. Hampir tidak ada uptime 100% karena server kadang perlu di restart jika dalam maintenance.
  • Harga. Harga sering berbanding lurus dengan kualitas layanan.
  • Profesionalisme jasa hosting. Profesionalisme itu menurut saya adalah memiliki kantor yang jelas dan alamat yang jelas.

Daftar Hosting yang Recommended

Berdasarkan faktor di atas, maka saya menyarankan anda untuk menggunakan hosting yang sudah diverifikasi oleh tim Forum Diskusi Web Hosting. Hah? kenapa malah forum? forum Diskusi Web Hosting adalah forum independen tempat berkumpul para pemilik hosting baik pemilik hosting besar ataupun kecil. Tim forum ini memverifikasi semua faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih hosting antara lain kualitas customer service, profesionalisme, jumlah klien, dll. Ini sangat membantu saya sehingga saya tidak perlu mencoba satu per satu hosting yang ada. Nah Hosting apa saja itu?

  1. Domosquare.com
  2. Jakarta Web Hosting
  3. Qwords
  4. Pusat Hosting
  5. Indo Site Host
  6. Hosting Ceria
  7. BOC Indonesia
  8. Ardhosting
  9. idRoot Hosting Solution
  10. Jagoan Hosting Indonesia
  11. Drupadi Hosting
  12. Hostune Network
  13. IDColo Web Hosting
  14. IndoNIC
  15. CBTP

Kamu bisa melihat Daftar Hosting yang telah diverifikasi oleh mereka di sini. Walaupun begitu, tetap dimungkinkan ada penyedia hosting yang kualitasnya bagus tapi tidak termasuk daftar di atas.

Pengalaman Menggunakan Salah Satu Hosting di Atas

Saya adalah pengguna shared hosting di Jagoan Hosting paket ID silver. Jagoan hosting termasuk dalam daftar hosting di atas. Kualitas yang diberikan memang memuaskan. Apa saja itu ?

  • Semua keluhan dan pertanyaan saya dijawab tuntas oleh tim jagoan hosting.

    member area
    Member area pelanggan jagoan hosting
  • Server Uptime 99% sehingga web klien saya selalu bisa di akses.

    monitoring uptime server
    Monitoring Uptime Server
  • cPanel yang cukup lengkap. Saya bisa memilih versi PHP, alokasi memory, dan modul PHP yang bisa di aktifkan langsung dari cPanel. Untuk alasan keamanan, saya ga bisa ngasi screenshoot versi PHP dan modul PHP. Tapi isi cpanel saya seperti gambar dibawah ini. Saya bisa mengganti versi PHP, alokasi memory, dan modul PHP melalui menu Select PHP Version

    tampilan cpanel
    Tampilan cPanel

Saya tidak promosi Jagoan Hosting, saya hanya pelanggan yang puas atas kinerja web server yang saya sewa. Saya juga ingin mengkonfirmasi bahwa daftar hosting  yang telah di verifikasi forum Diskusi Web Hosting  cukup bisa dipercaya kualitasnya.

Mengenai harga sewa hosting, kamu bisa memilih hosting dari daftar di atas yang sesuai dengan kemampuan. Tapi kalo kamu merasa harganya di luar kemampuan, kamu bisa menggunakan hosting wordpress.com. Hosting wordpress.com cukup bagus lho. Saya pun memilih untuk menggunakan wordpress.com untuk hosting blog ini dengan beberapa alasan. Nanti akan saya tuliskan artikel kenapa saya memilih hosting gratisan di wordpress.com

Nah, hosting apa yang kamu gunakan? share dong pengalaman kamu di bagian komentar artikel ini.

Semoga bermanfaat 🙂
Protected by Copyscape

16 thoughts on “Memilih Hosting Wordpress”

  1. Kilathosting dari cloudkilat juga merupakan salah satu hosting yang tangguh..terlihat juga mereka serius dalam menjalankan bisnis hosting mereka dengan banyaknya alokasi dana mereka untuk advertise di google adsense.

    Like

    1. Seperti yang saya sebutkan di atas. Dalam urusan hosting, harga biasanya memang berbanding lurus dengan kualitas. Mungkin bisa di coba salah satu dari daftar hosting di atas.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.